Kota Cililin Kab. Bandung Barat

Cililin adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat Propinsi Jawa Barat, sekitar 40km dari pusat kota Bandung. Cililin terletak diantara pegunungan yang sejuk dengan pemandangan yang eksotis karena dilewati oleh aliran sungai Citarum yang membentang mengelilingi desa-desa disekitarnya, sebuah kota sejuk yang tersembunyi dibalik segala keoksotisan dan keanggunan alam pegunungan.

Selain memiliki aneka penganan yang khas Cililin juga adalah sebuah Kota kecil yang memiliki berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi, diantaranya perkebunan teh, kolam terapung, Air terjun, Wana Wisata Paralayang, Tempat pemancingan, Bumi Perkemahan dan banyak lagi tempat eksotis lainnya, selain Perkebunan teh Cililin juga mempunyai beberapa tempat air terjun diantaranya ada Curug Malela atau sering disebut Curug Ngebul masyarakat menyebutnya Curug ngebul karena embun yang dihasilkan dari terjunnya air menyerupai embun yang sangat sejuk hingga hampir menyerupai kabut (ngebul/mengepul seperti asap) , selain itu ada juga Curug Cilayang, Curug sawer , Curug ( dalam bahasa Sunda artinya Air terjun ), tak ketinggalan pula wisata sungai yang sangat menawan.

Cililin mempunyai beragam aneka makanan khas antara lain wajit, angleng, ladu, kerupuk Gurilem pedas dan aneka makanan lainnya.Wajit adalah makanan yang sangat populer makanan ini telah berada sejak tahun 1920an, tak ada yang tahu pasti siapa penemunya, yang pasti penganan wajit diwariskan turun temurun hingga sekarang.

Bahan-bahan untuk membuat wajit diantaranya adalah ketan, gula jawa dan kelapa parut sebagai penambah rasa gurih, juga kulit buah jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebagai pembungkusnya.Proses pembuatan wajit bisa memakan waktu hingga berjam-jam dari mulai memasukkan beras ketan hingga proses matang, dengan cara terus diaduk hingga kalis dan bila kita colek adonan sudah tidak lengket itu tandanya wajit sudah matang, dan menunggu proses selanjutnya yaitu dibungkus dengan kulit buah jagung yang sudah dikeringkan namun harus menunggu dingin terlebih dahulu sebelum dibungkus.

Setelah dingin barulah wajit di bungkus kemudian di jemur selama dua sampai tiga hari hingga wajit kering tapi bagian dalamnya tetap dengan ciri khasnya yang manis dan lembut. Anda pasti penasaran dengan penganan yang satu ini rugi kalo gak nyoba.. biar gak penasaran langsung datang aja ke Cililin, untuk berekreasi bersama keluarga tercinta dan jadikanlah Cililin salah satu daftar tempat yang ingin anda kunjungi, berwisata murah meriah namun menyenangkan dan jadilah pribumi di negeri sendiri.

HOTLINE

×

Halo,

Silahkan ketik pesan anda disini jika mau pesan.

× Ada yang bisa kami bantu ?